Utroq Trieha On Sunday, 31 December 2017



Dari Pementasan #SEKARMURKA…
Pertanyaan yang menggelitik kemudian, apakah memang sosok #perempuan Jawa sebenarnya lekat dengan dua sisi feminin-maskulin yang berimbang seperti dalam tokoh-tokoh yang diperankan Annisa? Lalu, mengapa seringnya justru perempuan Jawa dikesankan hanya sebagai sosok penurut, tidak bisa mengambil keputusan bagi hidupnya, lemah lembut, pemalu, dan hanya berkualitas kanca wingking?

Dan dalam ending cerita Sekar Murka, Nis memutuskan hidup dengan pilihannya karena tersadar bahwa tubuh dan jiwanya adalah miliknya, yang berhak menentukan ke mana mereka berjalan adalah dirinya sendiri, bukan orang lain. Begitulah sejatinya, pandangan akan kesetaraan bukan melulu soal terbukanya ruang publik bagi perempuan, tetapi termasuk juga kemerdekaan bagi baik perempuan maupun laki-laki menentukan yang terbaik bagi dirinya tanpa tekanan.

Mungkin bagi beberapa perempuan mandiri, merdeka itu mudah, tapi bagi sebagian yang lain, itu tidak mudah. Bukan karena tidak mampu atau bodoh, tetapi karena budaya membatasi perempuan yang sudah hidup sekian lama, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang tidak mudah diubah.
Dari Nis pula kita harusnya belajar hal yang sama dengan apa yang kita pelajari dari perempuan pada masa Nabi. Soal keberanian berbicara atas apa yang menjadi pilihan dan hak bagi diri masing-masing, tentu harus disadari pula kewajiban bertanggung jawab atas segala resikonya.

Dan akhirnya, “Nis” si “Sekar”, si “Bunga” murka, dia hanya ingin memperjuangkan kemerdekaan menentukan pilihan untuk dirinya, kemerdekaan “Sekar”, kemerdekaan “Bunga”.
.
***
Beberapa paragraf akhir dari ulasan yang dipublikasikan gelaran.id
Selengkapnya sila simak di laman: http://bit.ly/2lwhRj2

Terima kasih dan apresiasi atas rewiew-nya untuk Mbak Nia Agustina @niaagustinaaa dan juga crew @gelaran.id
.
#TeaterJogja #JARINGPROject #teateryogya #teateryogyakarta #art #senipertunjukan #stage #senipanggung #seni #sastra #Teater #theatre #theater #sekarmurka #menjaringmalaikat #performingart #performance #jogja #yogyakarta #seni #sastra #instajogja #teater #theatre #jaringacara #acaraseni #performingart #performance — view on Instagram http://bit.ly/2lrJWIZ



http://bit.ly/2DBW2pu